five minutes

Selasa, 12 Juni 2012

Five Minutes


Band Information

Genre: ,
 
Music Label:
 
Company Production:
 
Band Established: 1994
 
Latest Album: Satu Hati
 
Featured Songs: Bertahan
 

History

Five Minutes adalah sebuah band Pop Rock yang berasal dari kota Bandung, Indonesia. Awal terbentuknya Five Minutes pada tahun 1994 memiliki suatu ciri khas yang unik, yaitu tampil dengan menggunakan sarung pada setiap penampilan panggung.
Di tahun 1990 Ricky dan Drie bertemu dan sempat membentuk sebuah band. Dari band tersebut mereka sering tampil di kafe – kafe bandung untuk mengisi waktu luang dan mencari pengalaman di dunia musik. Namun sayangnya band ini tidak bertahan lama, pada tahun 1992 band yang dibentuk oleh Ricky dan Drie ini pun bubar.
Tidak tahan dengan vakum, akhirnya pada tahun 1994 Ricky kembali membentuk sebuah band untuk mengikuti festival band Jawa Barat. Dengan posisi Ricky Tjahyadi (keyboard), Drie (bass), Sonny (gitar), Dicky (drummer) dan Sanny (vocal) akhirnya membentuk sebuah band dengan nama Five Minutes dan berhasil menjadi juara 1 pada acara festival tersebut. Tak lama setelah festival, Five Minutes pun masuk ke dapur rekaman. Album perdana bertajuk Five Minutes, lalu diikuti oleh Five Minutes 2 pun mulai terbit dan diedarkan di pasar musik Indonesia.
Begitu rilis album ketiga, yaitu Ouw! pada tahun 1997, Dicky yang pada saat itu dipercaya di posisi drum akhirnya mengundurkan diri dari Five Minutes karena adanya perbedaan pendapat. Mulai saat itu Five Minutes hanya beranggotakan empat orang tanpa adanya Dicky. Setelah Dicky meninggalkan Five Minutes, arransmen dan musik drum pun di-isi oleh Ricky untuk menutupi kelemahan dan kekurangan instrumen dalam lagu.
Pada tahun 2004, setelah Five Minutes merilis album The Best + 5, Sanny yang pada saat itu dipercaya sebagai vocal dan dan Sonny yang pada saat itu dipercaya sebagai gitar mengikuti jejak Dicky, yaitu mundur dari Five Minutes. Merasa kewalahan karena kekurangan anggota band, hal tersebut membuat Five Minutes vakum selama 3 tahun. Namun dari vakum tersebut Ricky dan Drie menemukan Richie yang dipercaya untuk mengisi kekosongan vocal, lalu diikuti oleh Roelhilman yang dipercaya untuk mengisi kekosangan gitar, dan Aria Yudhistira untuk mengisi kekosangan drum. Setelah lengkapnya formasi band, akhirnya pada tahun 2007 akhir Five Minutes menerbitkan album Rockmantic dengan suasana musik yang baru dan lebih modern. Mengandalkan lagu “Bertahan” sebagai single, Five Minutes meraih sebuah rekor sebagai band yang paling tinggi di request dalam jangkauan radio.

0 komentar:

Posting Komentar